Sabtu, 09 Oktober 2010

tugas PTIK 1 selesai

akhirnya selesai juga tugas implikasi, kenapa saya menyoroti PT Kereta Api Indonesia karena banyak sekali masalah yang terjadi di tubuh PT Kereta Api Indonesia, dengan web ini PT Kereta Api Indonesia ingin membangun kembali citra baiknya. dengan strategi pemasaran yang sedemikian rupa semoga PT Kereta Api Indonesia dapat memberikan pelayanan yang lebih bagi masyarakat pengguna perkereta apian.


Implikasi di bidang hubungan masyarakat
PT KAI, atau  PT Kereta Api Indonesia kini mulai berbenah, dengan berbagai peristiwa yang terjadi akhir ini, dan menjadikannya pekerjaan rumah yang sangat besar untuk PT Kereta Api Indonesia,
Masyarakat sangat membutuhkan informasi yang lebih praktis, tidak perlu menempuh perjalanan jauh hanya untuk menanyakan jadwal pemberangkatan kereta api, harga tiket bahkan untuk membeli tiket. Sekarang dengan dikeluarkannya web oleh PT Kereta Api Indonesia segala sesuatunya menjadi lebih dekat dan sangat efisien.
Di sini ada beberapa bahasan yang saya akan jelaskan tentang web tersebut, yaitu :
·         Desain web dan isi
·         Fungsi dari layanan
Semuanya menjadi informasi yang sangat penting bagi penggunanya.

Desain web dan isi
Dari yang saya ingat, web PT Kereta Api Indonesia berubah total 100% untuk desain halaman mukanya, web yang terdahulu itu mempunyai warna yang dominan yaitu biru dengan desain yang sangat kaku tidak ada kolom iklan, berita terkini dan sebagainya, kalau web PT Kereta Api Indonesia yang sekarang ini menjadi lebih berwarna dan sangat interaktif di sertai juga dengan audio dan animasi yang menarik, apabila dilihat dari psikologis manusia web yang terbaru terlihat lebih indah dan menyenangkan. Ini adalah strategi tepat yang di lakukan PT Kereta Api Indonesia karena telah melakukan sebuah perubahan besar pada web nya.
Untuk lebih praktis, dari halaman muka web PT Kereta Api Indonesia saya bagi menjadi tiga bagian, yaitu atas, tengah dan bawah
Bagian atas
Bagian pertama di khusus kan sebagai salam terhadap masyarakat khusus nya pengguna web PT Kereta Api Indonesia dengan event nya hari lebaran, lalu disampingnya adalah kolom untuk mencari jadwal dan tarif kereta api dengan memasukan tanggal, asal dan tujuan pemberangkatan kita.  
Bagian tengah
 

Dibagian tengah terbagi dalam lima kolom laman, dengan satu kolom besar yang berada di bagian tengah dan empat kolom kecil yang terletak di kiri dan kanan kolom besar tersebut.
Laman pertama adalah laman tanggal, yang ternyata juga menghubungkan kepada empat informasi,  yaitu :  berita, galeri foto, web email dan kontak kami.ternyata web PT Kereta Api Indonesia memberikan kemudahan lagi untuk penggunanya mencari konten tersebut.
Laman kedua ini adalah link penghubung kepada perusahaan BUMN lainnya yang tentunya juga dalam bidang yang sama yaitu transportasi Indonesia, juga di selipkan voting untuk komodo dan pulaunya yang menjadi seleksi sebagai tujuh dari keajaiban dunia.
Laman ketiga berisi tentang berita terkini PT Kereta Api Indonesia seperti, pengumuman kelulusan polisi khusus kereta api, permohonan maaf dan belasungkawa atas terjadinya kecelakaan kereta api di petarukan, lomba pungut puntung rokok di setasiun madiun dan lainnya.
Laman keempat adalah jejak pendapat terhadap desain web terbaru PT Kereta Api Indonesia, jadi setiap pengguna web PT Kereta Api Indonesia akan memberikan pendapatnya secara pilihan melalui on line. Dan hasil keseluruhan voting dapat dilihat langsung. ini menunjukan bahwa masyarakat juga berperan penting terhadap perkembangan PT Kereta Api Indonesia

Data voting (tertanggal 6 Oktober 2010)

 
Dan dari hasil voting,  benar menunjukan bahwa web PT Kereta Api Indonesia sekarang menjadi lebih baik.
Laman kelima adalah statistik web, dari laman ini kita bisa melihat ada berapa jumlah pengunjung web PT Kereta Api Indonesia yang sedang menggunakan pada saat ini tertanggal 6 oktober 2010, dan juga jumlah keseluruhan pengunjung web PT Kereta Api Indonesia.
Bagian bawah
Bagian terakhir terdapat 5 laman yang tersusun oleh tiga kolom  laman kecil dan 2 kolom laman besar. Juga berisikan tentang informasi yang di butuhkan oleh pengguna web PT Kereta Api Indonesia.
Laman pertama berisikan info tiket kereta api yang  bisa di beli di berbagai agen tiket, juga menampilkan alamat serta via call center agen tersebut,

Laman kedua adalah info wisata, dari kolom laman ini kita bisa mencari informasi tentang produk wisata PT Kereta Api Indonesia dengan tujuan tujuan wisatanya program ini bertujuan untuk mengembangkan visit Indonesia 2010 dengan lokasi wisata alternatif.
Laman ketiga adalah konten download tarif kereta api Indonesia. Dari download tersebut pengguna web PT Kereta Api Indonesia akan di berikan draft harga tiket untuk kelas bisnis dan eksekutif.
Laman keempat adalah info tentang produk terbaru PT Kereta Api Indonesia mengenai tujuan baru kereta api dengan memuat tanggal kedatangan serta keberangkatan nya.
Laman kelima berisi informasi untuk men download konten KABILA atau Kereta Api Mobile Application karena dengan aplikasi ini pengguna blackberry dan java bisa mengakses langsung info PT Kereta Api Indonesia dari telepon selular.

Fungsi dari layanan
Dari halaman muka web PT Kereta Api Indonesia terdapat toolbar dengan beberapa konten yaitu, beranda, tentang kami, kinerja, produk, layanan, informasi, heritage, dan CSR, saya akan menjabarkan satu persatu tentang konten tersebut.
Beranda
Untuk content ini Cuma untuk kembali ke halaman muka web setelah kita memasuki beberapa content selanjutnya.
Tentang kami
Didalamnya berisi mengenai latar belakang PT Kereta Api Indonesia, seperti sejarah, komisaris, direksi, visi dan misi, arti logo, anak perusahaan dan sumber daya. Hal ini menjadi menarik bagi pengguna web PT Kereta Api Indonesia, karena tidak banyak buku sejarah yang memaparkan secara detail asal muasal per kereta apian di Indonesia. Awal pembuatan jalur pertama di pulau jawa oleh pemerintahan Hindia Belanda, terciptanya jalur kereta api lainnya yang menghubungkan antar kota yang berdampak pada ketertarikannya investor asing untuk menanamkan modal sehingga menjadi pertumbuhan yang panjang dan pesat, setelah pulau jawa perkembangan merambah ke pulau lainnya, seperti pembangunan rel kereta api di pulau sumatera dan sulawesi. Dari pemerintahan Hindia Belanda, lalu era pendudukan bangsa jepang hingga di proklamirkannya kemerdekaan Indonesia yang menjadi awal pemerintahan Indonesia menangani perusahaan kereta api hingga saat ini menjadi bagian dari Badan Umum Milik Negara (BUMN) yaitu PT Kereta Api Indonesia (Persero).
Ada pepatah tak kenal maka tak sayang. Memperkenalkan barisan komisaris dan direksi di PT Kereta Api Indonesia dengan mencantumkan nama tanpa gelar pendidikan menjadi suatu sorotan yang menarik bagi saya, ini adalah pandangan subjektifitas saya sebagai mahasiswa. Kenapa menarik, karena dengan begitu akan memberikan suatu kesan yang low profile, menjadikannya suatu kedekatan tersendiri terhadap masyarakat penguna web PT Kereta Api Indonesia. Dan juga agar masyarakat penguna web PT Kereta Api Indonesia, mengenal siapa saja orang yang berada diatas tampuk kekuasan PT Kereta Api Indonesia, dan ini sangat baik, karena kita menjadi tahu dalam hal ini.
Visi dan Misi PT Kereta Api Indonesia sangat berbeda dengan visi dan misi perusahaan lainnya, karena menurut saya sangat singkat,
Visi Perusahaan :Menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders.
Misi Perusahaan :Menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan dan kenyamanan.  
(http://www.kereta-api.co.id)
Tetapi yang perlu di perhatikan oleh PT Kereta Api Indonesia bagaimana mengimplementasikan visi dan misi dengan peristiwa kecelakan kereta api yang sering kali terjadi, perlu di berikan lagi pembinaan dan pemahaman terhadap keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan dan kenyamanan, yang menjadi misi PT Kereta Api Indonesia  bagi segenap staf terdepan dalam pengendalian pengoperasian. Kecelakan kereta api karena human error, maraknya calo tiket kereta api yang juga di isu kan telah ter koordinir oleh pihak PT Kereta Api Indonesia sendiri, tidak terpenuhinya jumlah kapasitas gerbong terhadap pengguna jasa PT Kereta Api Indonesia,dan terlambatnya jadwal pemberangkatan serta kedatangan kereta api, selalu menjadi pekerjaan rumah yang sangat berat  bagi PT Kereta Api Indonesia.
Tidak ada yang mengerti apa arti dari logo PT Kereta Api Indonesia sebelumnya, tetapi dengan adanya informasi arti dari logo PT Kereta Api Indonesia di dalam web ini, maka menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna web PT Kereta Api Indonesia, sehingga pengguna tahu dan mengerti kenapa PT Kereta Api Indonesia berlogo seperti itu.
Perkembangan PT Kereta Api Indonesia, tidak sampai di sini saja, untuk meningkatkan mutu dan pelayanan maka PT Kereta Api Indonesia membuat anak perusahan yang mempunyai bidang usaha sebagai sarana penunjang dari kegiatan utamanya yaitu jasa transportasi. Anak perusahaan tersebut antara lain, PT Reska yang bergerak di bidang resto, hiburan dan kuliner. PT Railink bergerak di bidang pengoperasian, pengelolaan, pengembangan, pengadaan stasiun kereta api bandara dan di pusat kota, sarana dan prasarana, menyusun dan mengkaji aset yang akan di manfaatkan dan kriteria calon investor, serta membentuk anak perusahaan (Holding Company). PT KAI Commuter, PT KA Pariwisata, PT KA Logistik juga mempunyai bidang usaha yang sangat penting dan memiliki keterkaitan erat terhadap PT Kereta Api Indonesia. Sehingga PT Kereta Api Indonesia dapat memberikan semaksimal mungkin dalam peningkatan mutu dan pelayanan terhadap masyarakat pengguna jasa transportasi kereta api Indonesia.
Sumber daya PT Kereta Api Indonesia, memiliki peranan terpenting. Karena dengan adanya pekerja dan aset yang di gunakan sebagai pengoperasian perusahaan, bisa menjadi PT Kereta Api Indonesia sekarang ini.

Kinerja
Transparansi dalam segala sektor  pada sebuah perusahaan menjadi poin penting dalam mengembangkan citra positif pada masyarakat, karena dengan begitu konsumen akan memberikan kepercayaan penuh, dengan data tertulis dan akurat apa lagi dapat di lihat dengan peng akses an yang begitu mudah. PT Kereta Api Indonesia melihat kearah yang sama dengan memberikan data yang cukup kompetible dalam bidang operasional, keuangan dan produk bisnis inti. Penguna web akan di suguhi berbagai macam kumpulan survei dan data yang telah di hitung secara akurat.
Produk
Didalam konten produk, pengguna web akan menemukan sub divisi operasi yang menjadi sebuah produk PT Kereta Api Indonesia, antara lain KA penumpang,KA barang, KA wisata, Pengusahaan aset, dan yang lebih menarik lagi adalah TITAM, Tiket Terpadu Antarmoda , dengan adanya Tiket Terpadu Antarmoda para pengguna jasa kereta api yang ingin melakukan perjalanan yang terpadu dan terintergrasi sampai ke tempat tujuan dapat membeli tiket terusan dalam sekali pemesanan tiket secara on line, dan merupakan kerjasama antara PT. Kereta api dengan Perum Damri, PT. Pelni, PT. Indonesia Ferry serta PT. Telkom sebagai penyedia jaringan penghubung sistem ticketing dengan masing-masing penyedia moda transportasi tersebut.
Layanan
Berisi tentang layanan penumpang yang berisi tentang pemesanan tiket, relasi perjalanan, dan persyaratan umum, lalu juga berisi mengenai info pengiriman angkutan barang dan ekpeditur dengan daftar tempat asal dan pengiriman barang tersebut. PT Kereta Api Indonesia juga mengakomodir para pengguna jasa kereta api dalam penyewaan aset PT Kereta Api Indonesia dengan berbagai prosedur yang terdapat didalamnya.

Informasi
Berisikan tentang berita terkini seputar kelulusan calon masinis yang telah mengikuti test rekrutmen masinis PT Kereta Api Indonesia. Dan juga tentang pelelangan beberapa aset PT Kereta Api Indonesia.
Heritage
Dalam web PT Kereta Api Indonesia, menurut saya konten Heritage lah yang paling menarik, seperti memasuki sebuah museum, museum per kereta apian indonesia,setelah masuk ke halaman konten, kita di suguhi animasi bergerak dua dimensi sebagai pembuka halaman. Para pengguna web PT Kereta Api Indonesia seharusnya menyebar luas kan informasi seperti ini karena sangat penting untuk semua tahu keragaman informasi yang berada di web PT Kereta Api Indonesia. Saran saya coba anda berkunjung ke web PT Kereta Api Indonesia dan buka lah konten Heritage ini.
CSR
CSR merupakan kegiatan sosial perusahaan terhadap lingkungan, olahraga dan juga melakukan bahkti sosial ini merupakan wujud nyata PT Kereta Api Indonesia dalam membina dan memelihara aspek terpenting dalam kehidupan bermasyarakat.
Demikian paparan saya tentang web ini dan semoga menjadi manfaat bagi yang membaca paparan saya ini. Terimakasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar